5 Cara Alami Mengatasi Rasa Sakit Kepala

5 cara alami mengatasi rasa sakit kepala

Apabila setelah menikmati libur panjang, tubuh tidak merasa rileks, namun malah sebaliknya, yaitu stres dan rasa lelah berlebihan, maka ada beberapa cara untuk meminimalisirnya. Stres dan rasa lelah berlebih ini bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktor penyebabnya bisa jadi karena arus balik mudik yang luar biasa macetnya. Kita harus Waspada, rasa lelah dan stres yang berlebihan dapat memicu rasa sakit kepala yang luar biasa. Tentunya, Anda tak mau rasa sakit itu malah mengganggu aktivitas Anda ketika kembali menjalankan rutinitas. Berikut 5 cara alami mengatasi rasa sakit kepala seperti dikutip dari MedicalDaily.com :

5 Cara Alami Mengatasi Rasa Sakit Kepala

  1. Minum Air Secukupnya

Dapat dipastikan rasa pusing muncul karena tubuh mengalami dehidrasi. Dalam kondisi dehidrasi, tubuh juga kehilangan sodium, klorida, dan potasium. Pembuluh darah pun menyempit sehingga mengganggu sirkulasi okisgen ke otak. Untuk itu, pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan meminum air putih secukupnya. Terkadang, tubuh yang tidak mendapat asupan energi yang cukup dari makanan juga bisa menjadi pemicu rasa pusing.

  1. Mandi Uap

Rasa pusing juga bisa dipicu oleh sinusitis. Penyebabnya adalah lendir mucus yang memenuhi rongga sinus sehingga membuat kanal sinus sensitif dan tersumbat. “Meningkatkan kelembapan dan memberi asupan cairan untuk tubuh dapat mencairkan mucus,” ujar dr. Subinoy Das, spesialis hidung dan tenggorakan dari Ohio State University Medical Center kepada EverydayHealth. Caranya, bisa dengan mandi uap atau menghirup uap dari air mendidih.

  1. Pijat

Salah satu jenis sakit kepala yang paling sering dialami banyak orang adalah sakit kepala yang berdenyut. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, rasa sakit ini muncul sebagai akibat dari konflik emosional, mental, dan rasa stres. Hal ini juga menyebabkan kontraksi otot pada leher, wajah, kulit kepala, dan rahang.

“Penyakit ini bisa dipicu pula oleh rasa khawatir berlebih, depresi, kurang tidur, dan telat makan,” tulis para peneliti. Memijat bagian belakang kepala, leher, dan bagian bawah mata dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

  1. Kompres dengan Air Dingin dan Hangat

Banyak orang berbeda pendapat soal kompres air dingin dan hangat. Jika mengalami sakit kepala yang berdenyut, gunakan kompres air hangat untuk merilekskan otot. Adapun kompres air dingin Anda gunakan untuk mengurangi rasa sakit kepala akibat migren.

  1. Oles Minyak Peppermint

Peppermint dikenal sangat berkhasiat untuk mengurangi sakit kepala. Kombinasi air mint dan spearmint, dan peppermint telah digunakan sejak lama sebagai “obat” sakit kepala, demam, perut kembung, dan diare. Oleskan minyak peppermint di area tubuh yang bermasalah, dalam hal ini sekitar kepala.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*