Menu Diet Mayo yang benar untuk Sukses Turunkan Berat Badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan program diet. Sebelum mengetahui menu diet mayo yang benar, terlebih dahulu kita ketahui dulu apa itu diet mayo. Diet mayo, dipercaya sebagai salah satu cara mudah untuk menurunkan berat badan, dalam waktu yang relatif cepat. Di samping itu, diet mayo juga dirancang untuk bisa dilakukan seumur hidup dan tanpa batasan umur. Oleh karena itulah, diet mayo semakin banyak diminati.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang diet mayo seperti yang dikutip dari US News, Kamis (18/12/2014).

Benarkah diet mayo dapat menurunkan berat badan ?

Tujuan utama diet mayo ialah membantu seseorang untuk menurunkan berat badan berlebih, dan menemukan cara makan yang sehat dan dapat dinikmati seumur hidup. Namun benarkah itu ? Well, penelitian secara menyeluruh terhadap masyarakat luas memang belum pernah dilakukan. Walau begitu, secara empiris orang yang melakukan diet mayo memang turun berat badannya. Dengan catatan mereka benar-benar mengikuti aturan.

Cara kerja diet mayo ini

Diet mayo memiliki 2 prinsip utama, yaitu lose it! dan live it!

Pada fase lose it, kebiasaan dan gaya hidup yang diutamakan. 2 minggu pertama, kebiasaan sehat dilakukan dan dipertahankan dan kebiasaan buruk dibuang. Yang paling penting dalam fase ini adalah berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Sementara fase live it adalah fase di mana seseorang mempelajari lebih jauh pilihan makanan, jumlah porsi dan perencanaan menu sehari-hari. Nah, apa yang dilakukan dalam fase ini diharapkan dapat terus dijalankan seumur hidup.

Manfaat diet mayo lainnya

Di samping dapat menurunkan berat badan, diet mayo juga mempunyai manfaat lainnya. Diet mayo juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ini karena pola makan dari diet mayo ini yang lebih menekankan pada konsumsi buah, sayur dan biji-bijian. Demikian pula dengan diabetes. Kita tahu bahwa berat badan berlebihan adalah salah satu faktor penyebab diabetes, terutama diabetes tipe 2. Maka, dengan menurunkan berat badan, risiko diabetes semakin berkurang.

Dampak negatif diet mayo

Hingga saat ini, tidak ditemukan gejala resiko kesehatan atau efek samping apapun yang muncul karena melakukan diet ini. Walau demikian, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan diet mayo ini, sangat dianjurkan untuk berbicara dulu dengan dokter untuk berkonsultasi.

Menu Diet Mayo yang benar untuk Sukses Turunkan Berat Badan

Menu Diet Mayo yang benar untuk Sukses Turunkan Berat Badan

Setelah mengenal diet mayo, saatnya kita tahu menu diet mayo yang benar. Berikut, daftar menu diet mayo yang benar untuk dikonsumsi

Ketika menjalankan metode diet mayo, disarankan untuk mengonsumsi minuman atau makanan yang tidak terlalu dingin. Selain itu, kalau Anda mengonsumsi daging, Anda juga harus bisa mengatur jumlah daging yang diasup. Lebih amannya, mayoclinic.com menyarankan agar Anda mengonsumsi daging dengan minyak jagung atau danish butter. Penting juga, jangan gunakan garam ketika memasak atau mengolah makanan yang Anda konsumsi selama menjalankan diet mayo.

Menu diet mayo yang benar adalah menu makanan yang seimbang, termasuk sayuran dan buah-buahan. Untuk menu sehatnya Anda bisa mencoba memasak seikat bayam tanpa garam dan dimasak dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu Anda juga bisa menambahkan selada mentah di setiap menu makanan yang Anda konsumsi selama Anda menjalankan cara diet yang benar dan sehat ini.

Untuk jadwalnya, Anda juga harus mengatur jadwal konsumsi makanan selama menjalankan program diet mayo selama 13 hari ini. Bila perlu agar menu diet mayo yang benar bisa Anda terapkan sampai 13 hari berakhir, Anda bisa membuat daftar pada selembar kertas atau di ponsel Anda. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami berikan satu contoh jadwal menu diet mayo yang benar selama 13 hari.

Menu Pagi Hari

Hari 1 dan 8 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 2 dan 9 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 3 dan 10 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 4 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 5 dan 12 : sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
Hari 6 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 7 : secangkir kopi/teh tanpa gula

Menu Siang Hari

Hari 1 dan 8 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat
Hari 2 dan 9 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar
Hari 3 dan 10 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar
Hari 4 dan 11 : 1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20gr
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
Hari 6 dan 13 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 7 : 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar

Menu Malam Hari

Hari 1 dan 8 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
Hari 2 dan 9 : 2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
Hari 3 dan 10 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 4 dan 11 : pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
Hari 6 dan 13 : 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
Hari 7 : 2 butir telur rebus + 2 pisang

Nah, demikian tadi satu contoh daftar menu diet mayo yang benar dan harus dilakukan tanpa terlewati selama 13 hari penuh. Semoga manfaat.

Bagikan artikel ini :

Baca juga :