Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami

Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami – Memiliki rambut yang sehat, hitam, dan tidak cepat beruban, menjadi harapan bagi setiap kita. Apalagi kaum wanita. Sebelumnya, kami sudah bagikan Cara Agar Rambut Tumbuh Subur dan tidak rontok. Kali ini, kami akan mencoba berbagi untuk topik masih tentang perawatan rambut. Kami bagi cara merawat rambut tetap hitam secara alami. Seperti juga artikel sebelumnya, maka untuk cara perawatan yang kami sajikan menggunakan cara alamiah atau tradisional. Jadi, tidak membutuhkan biaya besar, dan sedikit efek sampingnya.

Cara Merawat Rambut tetap hitam secara alami

  1. Kalau di dapur ada sisa air teh (air teh yang sudah basi), jangan dibuang. Ini bisa kita gunakan untuk keramas. Tidak usah menggunakan shampo. Akan lebih baik kalau air teh ini berasal dari air teh yang diseduh alami, tidak menggunakan teh celup.
  2. Atau, kalau keramas, pakailah Londo Merang (bhs Jawa). Digunakan sebagai pengganti shampo.
  3. Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, kalau biasanya memakai minyak rambut, pakailah minyam cenceman. Minyak cenceman ialah minyak kelapa murni yang dibuat sendiri, ditim(direbus) dengan bahan-bahan penyubur rambut, yaitu daun pandan yang diiris kecil-kecil dan dikeringkan, belahan jeruk purut, daun mangkokan, buah klabet, dan klika Mesoyi atau kulit manis.

Dengan mempraktekkan cara nomor 1,2, dan 3 secara teratur, maka Insya Allah akan berhasil.

Baca juga : Cara agar Rambut tumbuh subur dan tidak rontok

Londo Merang untuk Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami

Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami
Londo Merang

Londo Merang adalah tangkai padi, yang dibakar terus abunya dicampur dengan air. Lalu saring dengan air. Hasil saringan air inilah yang dinamakan Londo Merang. Gunakan air londo merang ini sebagai pengganti shampo. Cara ini sudah dilakukan oleh nenek moyang kita pada jaman dahulu sebelum adanya shampo. Londo merang ini berkhasiat untuk membasmi ketombe dan menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok.

Minyak Cenceman untuk Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami

Pertama kali, kita membuat minyak kelapa murni. Caranya : santan kelapa kita rebus terus. Lama kelamaan akan menjadi minyak kelapa yang jernih dan berbau sedap. Minyak jernih ini diikuti pula dengan ampas kelapa yang dalam bahasa Jawa disebut blendo. Warnanya cokelat dan rasanya manis. Biasanya, blendo ini digunakan untuk memasak daging, tahu, dan tempe. Atau bisa juga langsung dimakan sebagai makanan ringan.

Daun Pandan yang daunnya panjangnya kurang lebih 0.5 – 1 meter. Lebarnya kurang lebih 5-6 cm. Bau daun pandan ini harum.

Jeruk purut adalah jeruk yang biasanya digunakan untuk bumbu masak. Khasiat dari jeruk purut adalah untuk menetralkan kelebihan minyak pada rambut. Sedangkan rambut yang selalu kering, dapat dilemaskan dan dikeramasi dengan santan kelapa, terus dicuci dengan air biasa.

Daun Mangkokan bentuknya bulat cekung seperti pinggan atau mangkuk, berkhasiat menyuburkan rambut.

Klabet berbiji bulat kecil-kecil. Lebih kecil dari isi jambu klutuk. Berfungsi untuk penyedap atau pengharum minyak rambut, sebagai ganti bibit minyak wangi.

Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami
Daun Mangkokan

 

Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami
Klabet

 

Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami
Klka Mesoyi

Klika Mesoyi atau kulit manis adalah kulit kayu berbau sedap. Juga untuk menambah harum minyak rambut cenceman.

Demikian Merawat Rambut Tetap Hitam secara Alami. Selamat mencoba. Jangan lewatkan juga artikel tentang Gaya rambut wanita paling tren.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*