Tips Meningkatkan Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan

[dropcap]K[/dropcap]ebanyakan pasangan baru, sekitar 84%, akan memiliki anak dalam waktu 12 bulan, kalau mereka melakukan hubungan seksual secara rutin dan tidak menggunakan kontrasepsi. Jika Anda sudah lama berusaha, baca terus untuk mengetahui kebiasaan buruk yang bisa menghalangi kehamilan dan perubahan yang bisa Anda lakukan mulai hari ini. Tips meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan ini disarikan dari berbagai sumber dan juga dari Plasa MSN.

Tips Meningkatkan Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan

  1. Perhatikan Berat badan Anda

Indeks Massa Tubuh (IMT) seorang wanita yang ideal adalah 18,5 dan 24 untuk bisa berada di “zona subur”. Demikian penelitian dari para ahli. Studi yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Academic Medical Center di Amsterdam menemukan bahwa, wanita dengan IMT 35 atau lebih, memiliki kemungkinan sebanyak 26% sulit hamil secara alami dibandingkan wanita yang berat badannya berada di zona kesuburan.

  1. Jangan Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

Menurut riset yang dilakukan oleh Dara Godfrey, spesialis IVF dari Reproductive Medicine Associates of New York menyatakan, wanita yang senang mengonsumsi beberapa gelas wine dalam seminggu, dapat mengurangi 2/3 kesempatan untuk hamil

  1. Pasangan Anda Terlalu banyak minuman beralkohol

Alkohol juga bisa memberikan efek merugikan terhadap jumlah sperma. Itu karena alkohol mengurangi penyerapan nutrisi tubuh, termasuk zinc yang merupakan mineral utama untuk kesuburan pria.

Tips Meningkatkan Kesuburan dan Mempercepat Kehamilan

  1. Kecanduan kafein

Terlalu banyak minum kopi juga mampu menambah waktu yang diperlukan untuk bisa hamil. Sebuah studi oleh Johns Hopkins University School of Medicine di Baltimore, Amerika Serikat, menemukan bahwa wanita yang minum sekitar secangkir kopi sehari memiliki tingkat kehamilan 12 persen, dibandingkan 20 persen wanita yang hanya meminum seperempat cangkir kopi.

  1. Kebiasaan merokok

Kalau Anda suka merokok, maka berhentilah. Wanita yang suka merokok juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil. Berhentilah maka tingkat kesuburan Anda akan mulai meningkat dalam waktu sekitar tiga bulan.

  1. Pasangan yang Merokok

Pria yang suka merokok kemungkinan besar memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Namun sebuah studi di Inggris oleh para peneliti di Universities of Sheffield and Manchester menemukan bahwa celana dalam yang dipakai seorang pria bisa lebih berpengaruh terhadap jumlah spermanya daripada merokok. Mengenakan bokser daripada celana dalam ketat berhubungan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi.

  1. Hindari mengonsumsi narkoba

Narkoba seperti ganja dan kokain bisa memberikan dampak negatif terhadap fungsi produksi sel telur. Ini akan membuat Anda lebih sulit hamil. Beberapa obat resep dokter juga bisa memengaruhi kesuburan– periksakan kepada dokter jika Anda khawatir.

  1. Kebiasaan Menyantap Makanan sehat

Menurut riset dari Harvard University, makan makanan sehat bisa meningkatkan fungsi produksi sel telur secara signifikan. Setelah meneliti lebih dari 18.000 wanita, para peneliti mengatakan bahwa semakin banyak perubahan menu makan yang Anda lakukan, semakin besar kemungkinan untuk hamil.

  1. Ganti menu makanan dengan gandum utuh

Para peneliti merekomendasikan banyak makan karbohidrat kompleks “yang lebih lama dicerna” dan mengurangi karbohidrat olahan jadi ganti roti putih dengan roti gandum utuh dan pilih beras cokelat daripada beras putih.

  1. Ganti menu makanan dengan lemak tak jenuh

Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan hilangkan lemak trans dari menu makan Anda. Sebuah studi terhadap 99 pria yang mendatangi klinik kesuburan AS menemukan bahwa pria yang paling banyak mengonsumsi lemak jenuh memiliki 43 persen jumlah sperma yang lebih sedikit.

  1. Pilih sayuran sumber protein

Para penulis studi Harvard menyarankan bahwa wanita harus makan sayuran sumber protein (seperti kacang-kacangan dan miju-miju) daripada daging untuk meningkatkan kesempatan untuk bisa hamil.

  1. Pilih susu berlemak

Selain itu, wanita harus memilih susu berlemak daripada susu tanpa lemak atau susu berlemak rendah. Cobalah mengonsumsi susu berlemak satu atau dua kali sehari atau makan yoghurt berlemak.

  1. Jangan minum minuman beralkohol sama sekali

Untuk benar-benar meningkatkan kesempatan untuk bisa hamil, jangan minum minuman beralkohol sama sekali. Para peneliti di Johns Hopkins University School of Medicine mengamati tingkat kehamilan terhadap 124 wanita dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman beralkohol sekali sepekan memiliki tingkat kehamilan 11 persen, sementara mereka yang sama sekali tidak mengonsumsinya memiliki tingkat kehamilan 18 persen.

  1. Hindari stres

Stres tidak langsung menyebabkan kemandulan (kecuali itu membuat Anda berhenti menstruasi, ketika Anda tidak akan memproduksi sel telur) namun hal tersebut berhubungan dengan perilaku yang bisa mengurangi kesempatan Anda untuk hamil – seperti makan sembarangan, berat badan naik dan insomnia.

  1. Konsumsilah suplemen

Para peneliti di Harvard University juga merekomendasikan konsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung sedikitnya 400 mg asam folat dan 40 sampai 80 mg zat besi. Pastikan Anda mengonsumsi suplemen yang diformulasikan untuk kehamilan dan melahirkan – suplemen standar bisa terlalu banyak mengandung vitamin A untuk wanita hamil.

Bagikan artikel ini :

Baca juga :